jadihappy.com Hobbys Cara Merawat Kelinci Yang Baru Lahir

Cara Merawat Kelinci Yang Baru Lahir

Jadihappy.com | Cara Merawat Kelinci Yang Baru Lahir. Sahabat, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang, bagaimana merawat anak kelinci yang baru lahir.

Saat kelinci yang kalian budidayakan telah   melahirkan sang anak, maka yang pertama harus  kalian lakukan adalah menjaganya dengan baik agar tetap sehat dan tidak mati. Namun sayangnya  tidak semua peternak kelinci pemula, paham betul   akan perawatan bayi kelinci yang baik dan benar. Sehingga mereka mengalami kegagalan dalam usahanya.  

Anda perlu tahu bahwa merawat anak kelinci  yang baru lahir tidak semudah merawat kelinci   yang sudah dewasa. Apalagi karakter induk  kelinci berbeda dengan induk binatang lainnya.   Biasanya induk kelinci akan segera pergi  dari sarangnya dan meninggalkan anaknya   untuk mencari makan.

Sehingga bayinya di tinggal begitu saja di dalam kandang tanpa induknya. Hal ini akan membahayakan anaknya  dari serangan predator seperti tikus atau musang. Selain di atas masih banyak lagi kasus-kasus lain  yang biasa di alami oleh para peternak kelinci.

Misalnya induk kelinci stress dan Kelaparan  sehingga memakan anaknya sendiri atau induk kelinci stress sehingga tidak mau menyusui bayinya dan masih banyak lagi contoh lainnya. Yang jelas memelihara anak kelinci itu memang  membutuhkan perhatian khusus dari sang pemilik.  

Nah maka dari itu disini akan kita bagi tips  terkait cara merawat anak kelinci yang baru lahir. Sebenarnya merawat anak kelinci yang baru lahir  itu mudah dan tidak sulit yang penting kita harus   memperhatikan dengan benar langkah-langkah  berikut ini.

Memperhatikan kondisi induk kelinci

Cara pertama yang harus  kita lakukan adalah menjaga kondisi induknya, jangan sampai si induk kelaparan atau stress, sebab nanti dia bisa memakan anaknya sendiri. Jangan juga menyentuh anaknya yang masih  bayi karena ada beberapa kelinci yang tidak ingin menyusui anaknya setelah di pegang oleh  manusia.

Hal itu mungkin karena penciumannya yang  tajam sehingga bau tangan kita melekat di tubuh  anak kelinci. Lalu Bagaimana jika induk mati atau tidak mau menyusui anaknya?

Jika memang hal itu  terjadi maka kita harus menyediakan susu formula, boleh SGM atau BB love yang nantinya susu tersebut  akan di gunakan untuk bayi kelinci usia 0 sampai   6 bulan. Pemberian susu formula ini menggunakan  pipet khusus hewan yang bisa kita beli di toko   hewan terdekat.

Untuk waktu pemberiannya bisa di lakukan setiap 2 jam sekali. Namun saat  sudah berusia 2 minggu kita bisa memberinya 3 jam  sekali. Di usia satu bulan si anak mulai belajar makan dan di usia satu setengah atau 45 hari si  anak sudah mampu memakan rumput dan sayuran segar.

Perhatikan keadaan cuaca  dan udara di saat kelahiran bayi kelinci  

Seperti yang kita ketahui bahwa bayi kelinci yang baru  lahir belum memiliki bulu yang banyak, masih sangat tipis. Oleh sebab itu sangat  rentan terhadap perubahan cuaca dan udara. 

Kita harus menciptakan tempat yang nyaman,  memastikan kelembaban udara dan suhu ruangan   tetap stabil, Hindari suhu yang terlalu panas  pada kandang kelinci, karena dapat membahayakannya.

16 Likes

Author: jadihappy

Tinggalkan Balasan